Jumat, 28 Desember 2012

Mudah memar: penyebab yang berkaitan dengan penuaan

menyembuhkan luka memar
Kecenderungan untuk mudah memar meningkat dengan pertambahan usia. Meskipun terlihat menakutkan, akan tetapi tidak perlu kuatir untuk memar ini.
Dari mana terjadinya memar biru? Padahal Anda tidak ingat kalau membentur sesuatu. Akhir-akhir ini Anda lebih sering mengalami memar, haruskah Anda kuatir?

Umumnya memar menjadi lebih sering terjadi saat beranjak tua, dan umunya memar hilang begitu saja tanpa perawatan khusus. Tetap saja memar kadangkala dapat menjadi tanda sesuatu yang serius.

Penuaan menyebabkan mudah terjadinya memar pada lanjut usia

Kebanyakan memar terjadi saat pembuluh darah kecil (kapiler) yang berada di permukaan kulit rusak karena terpukul atau terluka. Saat ini terjadi , darah akan keluar dari pembuluh darah dan muncul sebagai tanda biru kehitaman. Akhirnya tubuh akan mereabsorbsi darah tersebut dan tanda akan hilang.
Beberapa orang, terutama wanita lebih mudah menjadi memar. Saat mulai tua beberapa faktor dapat meningkatkan terjadinya memar, termasuk:

* Rentannya kapiler. Dengan berjalannya waktu, jaringan yang menopang pembuluh akan melemah dan dinding kapiler akan menjadi rentan dan mudah pecah.
* Penipisan kulit. Dengan pertambahan usia, kulit akan menjadi lebih tipis dan kehilangan beberapa lapisan lemak yang melindungi pembuluh darah. Terlalu banyak paparan sinar matahari juga banyak mempengaruhi kulit.

Umumnya, semakin keras benturan maka akan semakin besar memar yang terjadi. Bagaimanapun, bila Anda mudah memar, sedikit benturan saja (meski tanpa disadari) dapat menyebabkan perubahan warna. Anggota badan yang sering memar adalah kaki dan tangan.

mencegah luka memar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar